Macam-macam Makanan Penambah Semangat Ujian



Macam-macam Makanan Penambah Semangat Ujian [ www.BlogApaAja.com ]

Lagi musim Ujian Nasional nih! Bukan cumamateri ujian yang punya kisi-kisi, memilih makanan untuk disantap selama masaujian pun ada triknya. Mengapa demikian? Soalnya apa yang kamu makan ituberpengaruh langsung pada reaksi tubuh kamu sesudahnya. Makanya, hati-hatipilih makanan. Ini dia, macam-macam makanan penambah semangat ujian!

Sarapan:



Oke

: Bubur ayam spesial pake telor, bubur manado, oatmeal, roti bakar isipisang + selai kacang, sandwich isi telor atau tuna.

Telur dan kacang-kacangan adalah protein jempolan. Ramuan ampuh yang bikin tubuh kamu memproduksi asam amino,ini katanya bisa bikin otak bekerja makin mantep. Rumus-rumus yang diapalinsemalam mudah-mudahan gak ada yang kelupaan jadinya! Sayur-sayuran jugamengandung banyak vitamin yang membuat tubuh terasa segar dan pikiran pun lancar.Sementara itu, pisang adalah potassium dan vitamin B, kandungan yangkonon sangat baik buat daya kerja otak. Nah kalau tuna atau pun ikan-ikanan mahbaik buat otak karena menganduk asam lemak omega-3, bikin pinter nih katanya!

Tidak oke

: Nasi uduk, nasi kuning apalagi nasi tumpenglengkap dengan ayam utuh. Karbohidrat emang menambah energi, tapi kalaukebanyakan bisa bikin kamu ngantuk!

Makan Siang:



Oke

: Karedok/gado-gado/lotek, Ayam bakar + lalapan (tapi nasinya janganporsi kuli), sushi set.

Sayur-sayuran dan kacang-kacangan padagado-gado adalah vitamin dan energy yang cihuy. Sushi set juga baik buatkamu karena ikan-ikanan mengandung omega-3. Nah kalo lagi makan ayam, cobapilih dada mentok aja ya, lemaknya terbilang lebih sedikit daripada bagian pahaatau pun sayap.

Tidak oke

: Bakso atau soto, makanan yang banyakmengandung air membuat kamu merasa ngantuk dan malas, bikin sering pipis pula.Hindari juga mie ayam yamin karena kadar garamnya tinggi, dan bisa bikin resahgelisah. Junk food juga dihindari lah, kurang menyegarkan gitu buat otak kamuyang lagi didera hapalan bertubi-tubi.

Cemilan:



Oke

: Rujak buah, pisang bakar, yoghurt, kacang rebus.

Buah-buahan sangatlah oke karena selainmengandung vitamin juga mengandung gula alami yang bikin kamu berenergi danpenuh semangat. Buah-buahan juga mengandung banyak mineral yang bikin kamusegar. Makin semangat lah pokoknya.

Tidak oke

: Gorengan , gulali atau apa pun yang rasanyaterlalu manis. Kenapa? Bikin sugar rush, abis itu ngantuk. Kopi boleh, tapijangan kebanyakan.

Makan malam:



Oke

: Makanan yang bikin kamu senang, karena bisa membangkitkan hormoneendorfin yang bikin happy dan rileks. Tidur pun jadi enak. Secangkir teh hangat(jangan yang mengandung kafein), coklat panas, bahkan bajigur juga bisamenghangatkan badan dan bikin kamu jadi nyaman!

Tidak oke

: Makan hati coba dihindari ya, yang ada malahgalau semalaman karena kepikiran, trus gak jadi belajar deh. Pukpuk.

Nah itulah macam-macam makanan yang bisamembangkitkan semangat kamu saat Ujian Nasional, bisa juga diterapkan saat kamusedang menghadapi ujian yang lain-lain seperti ujian cinta, ujian kesabaran danujian-ujian dalam hidup lainnya. Semangat!


Follow On Twitter